Mengenal 3Ds Max
3DSMAX merupakan salah satu software pengolah animasi 3D yang telah banyak digunakan dalam dunia film dan periklanan, bahkan pembuatan film-film “Box Office” untuk layar lebar dan serial-serial TV serta game-game populer untuk PC maupun console (PS2, Xbox, dll) juga ada yang menggunakan 3Ds Max. Film-film seperti X-man, Mission Imposible, Tom Rider, Con Air, Armagedon, dan masih banyak lagi (Daftar film-film yang dibuat dengan bantuan 3DSMAX dapat dilihat di www.discreet.com). Game-game seperti Diablo, Flight Simulator 2002, Soldier of Fortune, Star Wars, Command and Conquer, dan lainnya juga menggunakan 3DSMAX untuk menciptakan karakter serta lingkungan maya. Penggunaan lain 3DSMAX adalah untuk pembuatan iklan TV, visualisasi rancang bangun (arsitektur), pemodelan mobil/motor, pemodelan produk, dan analisis fisik/simulasi. Keunggulan yang dimiliki adalah kemampuannya dalam menggabungkan objek image, vektor dan tiga dimensi, serta langsung dapat menganimasikan objek tersebut. Animasi dimensi tiga dapat diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa berdiri sendiri sebagai sebuah movie.
Tampilan Area Kerja 3Ds Max
A. Menu
Sebagaimana aplikasi pada umumnya, melalui menu ini bisa mengakses sebagian besar peralatan (tools) dalam memodifikasi objek 3D maupun animasi 3D
B. Toolbar
Tempat tombol-tombol untuk mengontrol objek dan rendering
C. Command Panel
Tempat untuk membuat, memodifikasi, menabahkan modifier, menentukan kontrol perpindahan, visualisasi, dan peralatan input/output
D. Viewport
Tempat untuk membuat dan menata objek dalam ruang 3 dimensi, serta untuk melihat hasil sementara komposisi/animasi 3D
E. Time Slider
Sebagai time line untuk mengontrol keyframe terutama dalam animasi
F. Animation Control
Tombol-tombol yang diperlukan ketika membuat, melakukan setting, dan menjalankan animsi
G. Viewport Control
Untuk melakukan pembesaran, pergeseran, rotasi, dan miminimum/memaksimumkan viewport
Viewport dalam 3DSMAX sebenarnya tidak hanya empat, melainkan bisa lebih banyak lagi. Empat buah viewport itu berfungsi untuk melihat objek dari beberapa sisi yang berbeda, defaultnya, 3DSMAX akan melihat bangun tiga dimensi dari arah depan (front), atas (top), kiri (left), dan dari sudut perspektif. Jika menginginkan untuk melihat dari arah yang lain bisa di konfigurasi pada menu klik kanan pada viewport tersebut.
Konsep utama dari tiga dimensi adalah vektor berdimensi tiga yaitu memiliki besaran X, Y, dan Z, berbeda dengan objek 2 dimensi yang hanya memiliki sumbu X dan Y saja. Gambar dua dimensi adalah “bidang” sedangkan gambar tiga dimensi adalah “bangun ruang”.
jasa pembuatan account adsense hanya 30rb(bisa di blog indonesia) berminat? call/sms 02168936593 bekasi timur regensi
BalasHapuswah jadi nambah nih ilmu saya , makasih yaa
BalasHapuswach,perkenalan yang mantabs nich ka..
BalasHapusmakasih
@Nas, jiahk Mas Bro promosi disini..
BalasHapus@sichandra, sama2 Mas Bro...
@Go-blogg, sama2 mas bro..
gan bukankah lebih baik klo postingan di sertai link download supaya gx bingung
BalasHapussaya suka..
BalasHapus