Tips Memilih Modem yang Tepat

Sempat saya membaca sebuah artikel yang membahas tentang cara memilih modem yang tepat guna. Tapi sebelumnya Tahukah anda apa itu Modem?
Modem merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Modulator adalah alat yang berfungsi sebagai pengubah sinyal informasi ke sinyal pembawa pesan (currier) sehingga siap untuk dikirim, sedangkan Demodulator adalah alat yang berfungsi memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. modem merupakan gabungan dari dua alat tersebut sehingga modem merupakan alat komunikasi 2 arah.

Cara Memilih Modem yang tepat :

  • Pilih modem yang tercanggih tapi yang murah

Usahakan mencari modem yang sudah mendukung 3G/HSDPA. karena apabila anda bisa mendapat sinyal 3G atau bahkan HSDPA nikmatilah kecepatan yang lumayan memuaskan. Untuk 3G biasanya hanya bisa di dapat di kota-kota besar. sedangkan HSDPA hanya ada di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, dan Surabaya.

  • Usahakan mencari Modem dengan Garansi yang Lama 
Biasanya garansi di pasaran adalah 1 bulan, 3 bulan dan 12 bulan. jadi usahakan cari modem dengan garansi yang 12 bulan.

  • Speed atau Kecepatan (MBps) Modem
Semakin tinggi kecepatan suatu modem, semakin mahal juga harganya.. jadi usahakan mencari modem yang cepat namun sesuai dengan keuangan anda.

Posting Lebih Baru Posting Lama

9 Responses to “Tips Memilih Modem yang Tepat”

  1. KAsi pendapat neh gan..

    Kalu saya sendiri memlih modem CDMA.., hrga murah,Biaya plng murah..

    tpi coverage terbatas...

    Starone cepat, tpi gag stabil
    AHA(esia) bagus di lingkungan perkotaan
    smart masih blum merata coverage

    BalasHapus
  2. Tapi untuk modem CDMA masih kendalanya Mas Bro.. karena belum seluruh daerah di Indonesia yg memiliki jaringan CDMA seperti di daerah saya.. maklum saya tinggal di Desa..

    BalasHapus
  3. hmm, setuju bro.. Siapapun pasti pengen internet cepat. Tapi ya harus dg usaha memilih modem yg tepat tentunya. Tepat dari segi kecepatan maupun harganya, hehe...

    BalasHapus
  4. jadi kesimpulannya masih bagusan modem GSM ya gan?
    Trus kisaran harganya biasanya berapa yg bagus itu?

    BalasHapus
  5. @Up Tekno, betul banget Mas Bro.. hehe

    @Blog Santai, sekarang udah banyak merk maupun jenis modem Mas, setahu saya ada yang 300ribuan - 1 jutaan.. modem yg saya pakai harganya cuma 800ribu Mas..

    BalasHapus
  6. modem gsm bagus tapi mahal...cdma lemot pisan...maklum daerah pinggiran...

    BalasHapus
  7. @assyafieq, iya nih kak.. emang modem GSM lebih mahal.. tapi mau gimana lagi saya tinggal di desa jadi cuma GSM yang kenceng koneksinya...

    BalasHapus
  8. kalo saya pake cdma sob, modemnya pas banget sama gambar diatas :D.. meskipun sinyalnya cuma cdma 1X kecepatannya stabil kok :)

    BalasHapus
  9. @Difference, wah pake prolink juga ya.. tapi saya pake yang GSM Prolink PHS100..

    BalasHapus