Kode Komunikasi Udara (HT) Kepolisian RI



1-1 hubungi lewat telepon
1-2 menghadap pusat/posko
1-4 hubungi lewat HT
8-4 testing radio
8-1 komunikasi kurang jelas
8-2 komunikasi jelas/baik
3-3 kualitas suara jelek
4-4 kualitas suara baik
5-5 kualitas suara baik sekali
6-1 terjadi perampokan
6-2 terjadi pencurian
6-3 trjadi penganiayaan
6-5 terjadi kebakaran
6-7 terjadi demonstrasi
8-6 mengerti
8-7 berita disampaikan kepada…
8-1-0 Tidak mengudara/mati
8-1-1 mengudara/ standby
8-1-2 diulangi/kurang jelas
8-1-3 selamat bertugas
8-1-5 keadaan cuaca
8-1-6 waktu/jam
10-2 posisi dimana
10-8 tujuan/meluncur/menuju


Taruna : Berita

Gelombang : Jam/waktu

Semut : Pelajar

Lalat : Mahasiswa

Pangkalan : Rumah/kediaman

Cangkulan : Kantor/tempat kerja

Gajah : Derek

Komando : Kantor polisi

Tikar : Surat

Buntut tikus : Antena pendek (HT)

Belalai gajah : Antena atas

Laka : Kecelakaan

Jaya 65 : Kebakaran

Timor Kupang Pati : Tempat Kejadian Perkara

Timor Lombok Pati : Telepon

Timor Kupang Ambon : TerKendali Aman

Halong Timur : Handy Talky (HT)

Halong Pati : Hand Phone (HP)

Kupang Rembang : KendaRaan

Kupang Ambon : Kereta Api

Wilis Kendal : Walikota

Kendal Cepu : KeCamatan

Kendal Lombok : KeLurahan

Rembang Wilis : RW

Rembang Timur : RT

Rembang Rembang : Serse

Rembang Solo : Rumah Sakit

Rembang Pati : Rupiah

Anak Kijang : Pencuri/Tersangka

Ambon Demak : Angkatan Darat

Ambon Lombok : Angkatan Laut

Ambon Ungaran : Angkatan Udara

Pati Medan : Polisi Militer

Timor Medan : Tamu/Teman

Kresna : Presiden

Bima : Wakil Presiden

Timor Bandung I : Kapolri

Metro I : Kapolda

Timor I : Kapolres

Lombok-Lombok : Lalu Lintas

Timor Lombok : Lampu Lalu Lintas/Traffic Light

Senpi : Senjata Api

Sajam : Senjata Tajam

Curat : Pencurian Dengan Pemberatan

Curas : Pencurian Dengan Kekerasan

Curanmor : Pencurian Kendaraan Bermotor

Bandung Umar Solo : BUS

Medan-Medan : Metro Mini

Pati Demak Irian : Jam/Waktu

Solo Medan Pati : Pelajar

Solo Medan Ungaran : Mahasiswa

Solo Timur Medan : Rumah/Kediaman

Opak Kendal Jepara : Kantor/Tempat Kerja

Opak Pati Solo : Derek

Lombok Pati : Kantor Polisi

Lombok Irian : Surat

Lombok Demak : Antena Pendek (HT)

Bandung-Bandung : Barang Bukti

Bandung2 Padat : Makan

Bandung2 Medan : Bahan Bakar Minyak

Lampiran/Ambon : Istri

Monik : Anak

Solo Bandung : Stand By

Solo Garut : SiaGa

Medan Demak : Meninggal Dunia

Pati Ambon Medan : Pengamanan

Ambon Pati-Pati : Apel

Palang Hitam : Mobil Jenazah

Demak Pati Kendal : Dinas Pemadam Kebakaran

Posting Lebih Baru Posting Lama

33 Responses to “Kode Komunikasi Udara (HT) Kepolisian RI”

  1. maksudnya kode udara ini apa gan? kode untuk kepolisian udara RI? ato kode sesama polri tapi lewat komunikasi udara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode diatas merupakan sandi yg biasa digunakan dalam komunikasi udara melalui HT untuk kepolisian baik Polri maupun di Pol PP juga Mas bro...

      Hapus
  2. Wahhhh...jadi tahu nih sob..trims ya sdh dishare.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar mas bro....

      Hapus
  3. 8-6 , 10-2 Rogerr dicopy... ganti .... terima kasih artikelnya, Solo Bandung

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung gan...

      Hapus
  5. asik nih belajar mengenal sandi2 di kepolisian.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks udah mampir dan berkomentar sob...

      Hapus
  6. wah emang si ada kode2nya ya :D

    ada nih ane HT gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asik dong gan, apalagi ada repeaternya, jangkauannya bisa jauh tuh...

      Hapus
  7. kunjungan gan .,.
    saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
    dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kawan sudah berkunjung disini....

      Hapus
  8. wah bagus nih buat yg mau jadi super hero..
    bisa embad jalur komunikasi polisi...

    komen tempat ane jg yah sob

    BalasHapus
  9. kode-kodenya mantaap sob, tpi susah menghapalya hehehe.... :)
    86 dah ... :)

    BalasHapus
  10. 86 sob,..jadi ingat sama sobat blogger vpie mahadiva yang ketawa hehehe 86x

    BalasHapus
  11. waduh, banyak juga ya gan kode udara kepolisian ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, ini kode2 umumnya mungkin ada lagi kode2 khususnya...

      Hapus
  12. Di 87 Jajaran Blogger agar suppurt Di Sini Sob . . .813, kebetulan Ane mantan anggota Bankom Wira Poltabes Medan...heheheheheeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. 86 Dan, saya hanya sebagai staf di bagian kentetraman dan ketertiban masyarakat Pol PP Kecamatan, Komunikasi saya biasa pakai buntut tikus... hehehe

      Hapus
    2. Mantab Dan . . .semoga Mako Pol PP Kecamatan Aman dan terkendali, perjeli pandangan menjelang lebaran . . .tembus pandang pelaku CURAS, segera di 87 ke komando terdekat . . .86 solo bandong

      Hapus
  13. Jadi tahu Sekarang nie Kode komunikasinyaa
    Mantabbss Sob


    Kunjungan Perdana Sobb\jangan Lupa yan
    Kunjungan Balik dan komentarnnya
    makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu hadir di blog sobat, thanks ya

      Hapus
  14. udah bocor dong kodenya mas admin hehehe
    http://youinuniverse.blogspot.com/

    BalasHapus
  15. kyknya bkln seru klw bcranya pake kode2 ini y sob..
    solo bandung di Timor Kupang Pati..
    salah y sob?
    maklum sbb bru x ini saya tau tentang kode2 ini..
    hehehe..

    BalasHapus
  16. Cop 6 95,,,silahkan di bongkar situasinya ganti...

    BalasHapus