Tips Aman Berkendara Saat Hujan


Kecepatan
Dalam keadaan hujan, usahakan untuk jangan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi terutama di jalan yang banyak genangan airnya, antisipasi jika ada genangan air yang dalam

Lampu
Nyalakan lampu utama ketika hujan sangat bermanfaat untuk memberi tanda kepada pengendara lain bahwa kita sedang melintas. Jangan menggunakan lampu hazards! Lampu ini hanya akan mengganggu pengemudi lain, dan membuat bingung kalau mau berbelok.  Karena lampu hazard membuat sein menyala kiri dan kanan jadi membuat pengendara lain bingung antara kita mau belok kiri atau belok kanan Lampu ini hanya digunakan dalam kondisi darurat!

Rem
Perhatikan jarak rem. Saat hujan, mobil membutuhkan jarak lebih panjang untuk diperlambat lajunya. Kalau biasanya butuh jarak dua detik dengan kendaraan di depan, coba kalikan dua jadi empat detik guna memperpanjang jarak rem.

Genangan
Jangan ngebut pada genangan air (tipis sekalipun) agar menghindari efek "hidroplaning" di mana tak ada traksi antara aspal dengan ban karena lapisan air. Kalau ini terjadi, mobil bisa kehilangan kendali dan nyawa taruhannya!

Hindari juga genangan air yang tingginya satu jengkal dari knalpot mobil. Jika tetap nekad, air bakal membuat mogok dan merusak mesin.



dikutip dari : http://otomotif.kompas.com/read/2012/01/06/342/direktori.html
sumber gambar : google

Posting Lebih Baru Posting Lama

55 Responses to “Tips Aman Berkendara Saat Hujan”

  1. Tips nya bermanfaat, semoga bisa mengurangi jumlah kecelakaan saat hujan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, meskipun tidak hujan harus tetap waspada di jalan...

      Hapus
  2. bener gan, apalagi ini udah masuk musim hujan. harus lebih berhati-hati :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Gan, tetap berhati-hati, waspada dan patuhi peraturan lalu lintas...

      Keep brotherhood

      YVC-CJ

      Hapus
  3. tips nya sangat bermanfaat gan..heehe
    thanks atas infonya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Gan, tetap berhati-hati, waspada dan patuhi peraturan lalu lintas...

      Keep brotherhood

      YVC-CJ

      Hapus
  4. Balasan
    1. Makasih Gan kunjungannya

      Sip Gan, tetap berhati-hati, waspada dan patuhi peraturan lalu lintas...

      Keep brotherhood

      YVC-CJ

      Hapus
  5. Silahkan ngebut waktu hujan klo mau jontor,hehe.
    Semestinya sop,kita memperhatikan keselamatan diatas.
    Nice share,thanks ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Gan, saya setuju, selalu berhati-hati dan waspada di jalan....

      Hapus
  6. tips yang sangat bermanfaat sob,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasi kunjungannya gan, jangan kapok datang kesini...

      Hapus
  7. Balasan
    1. Makasih juga atas kunjungannya Gan....

      Hapus
  8. eisss, akhirna luncur oge tah nu aslina.
    tips yg bermanfaat bagi pemudik berkendaraan dua roda yang daerahnya masih turun hujan.

    salam kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kang, makasih atas kunjungan dan komentarnya, Kang....

      Hapus
  9. waduh Kang. komentar abdi yh pertama tidak muncul, masuk ke kotak spam kitu ya.
    follow baliknya juga gambar sya tak masuk jejeran gambar follower yg lain.
    punten kang janten karepotkeun

    BalasHapus
  10. Mantap informasinya Sob, semoga “Tips Aman Berkendara Saat Hujan” ini bermanfaat bagi kita semua sehingga selalu aman dan terkendali di Jalan. 813

    BalasHapus
    Balasan
    1. TKS Mas Bro, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Solo Bandung... 813

      Hapus
  11. sekedar mampir gan. .
    follow balik ya
    http://ronigaulmamen.blogspot.com/

    BalasHapus
  12. keren sobb infonya ,,, ajibb dahh

    BalasHapus
  13. Infonya sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
  14. jadi inget dlu,, ke pagilaran,, jalanan naik turun, motor jatoh ke pleset.. :( haduu,, untung jalannya g kenceng2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lain kali hati2 ya sist, utamakan keselamatan...

      Hapus
  15. rem itu harus diperhatikan..karena kalau hujan biasanya basah dan tidak terlalu pakem rem-nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, jadi harus tetap berhati-hati dan waspada..
      Makasih kunjungan dan komentarnya Gan....

      Hapus
  16. mirip juga sih sama tipsnya si ayam, tapi di plesetin dikit sob, heheheh

    BalasHapus
  17. sama kok sama tipsnya si ayam, tapi agak menjerumuskan sedikit heheheh

    BalasHapus
  18. Artikel di atas memang saya Copas tapi sedikit saya edit, dan sumbernya juga sudah saya cantumkan di bawah artikelnya gan....

    BalasHapus
  19. wah.. saya kalau hujan malah suka ngebut.. wkwkwkwkw.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya pada saat hujan, apalagi jalanan padat, wajib nyalakan semua lampu termasuk lampu hazard di motor Saya,,,, hehe

      Hapus
  20. bagus sob,, info yg mantap buat para pengendara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Gan udah mampir dan berkomentar

      Hapus
  21. Balasan
    1. Makasih Gan udah mampir dan berkomentar

      Hapus
  22. memastikan rem bisa bekerja dengan baik itu akan memperingan
    Kecepatan juga mempengaruhi resiko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, benar sekali mas bro

      Tetap berhati-hati dan waspada di Jalan..

      YVC CJ

      Hapus
  23. Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat :)
    nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas kunjungan dan komentarnya Mas Bro...

      Segera ke TKP...

      YVC CJ

      Hapus
  24. Mudah mudahan saya tidak kena hujan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya doakan semoga selalu selamat di perjalanan kawan...

      YVC CJ

      Hapus
  25. kunjungan perdana di sini, entry yg bermanfaat. thank

    BalasHapus
  26. Saya selalu pelan2 kalo lagi hujan.

    BalasHapus
  27. info yang sangat bermanfaat skali nih kang,
    tapi skarang didaerah ane kagak hujan malahan sangat panas skali...

    BalasHapus
  28. dimana-mana harus hati-hati apalagi kalo hujan

    BalasHapus
  29. Sangat bermanfaat sekali sob,,untuk saya yang memang menggunakan sepeda motor sebagai transportasi utama terima kasih,,,SELAGI MASIH DALAM SUASANA IDUL FITRI IZINKAN SAYA MENGUCAPKAN MINAL AIDZIN WAL FA IDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

    BalasHapus
  30. Adis, apa kabar nih?? dah lama sekali ga saling berkunjung :P

    BalasHapus
  31. artikel yang sangat bermanfaat sob...sukses selalu...

    BalasHapus
  32. tips yang perlu di coba saat musim hujan nanti =D

    BalasHapus