Review New Vixion Lightning 2013
New Vixion Lightning adalah
motor keluaran baru dari Yamaha hasil pengembangan dari generasi vixion
sebelumnya. Dari segi Mesin masih menggunakan mesin vixion lama dengan
penambahan berbagai fitur, desain dan teknologi baru. Perubahan pada
desain body total membuat motor ini menjadi lebih gagah dengan body yang
lebih besar dan penggunaan velg dan ban lebar. Teknologi injeksi dengan
sensor 02 membuat pembakaran juga semakin sempurna. Speedometer
digital sudah diaplikasikan pada motor baru ini membuat mudah untuk
melihat kecepatan dan putaran mesin. Rear Disc Brake (RDB) yang sudah
ditambahkan membuat sistem pengereman menjadi lebih maksimal ini sangat
berbeda dengan vixion lama yg menggunakan tromol. Terdapat 2 pilihan
untuk New Vixion Lightning yaitu tipe electrick starter dan tipe double
starter. Tipe electric starter hanya memakai electric starter saja tanpa
ada kick starter. Tipe double starter terdapat electric starter maupun
kick starter dengan kisaran selisih harga antara single dan double
starter sekitar Rp 200,000,-
Yamaha vixion dibekali dengan mesin SOHC 149,88cc berpendingin cair dengan sistem injeksi. Percepatan gigi transmisi sampai 5 gigi. Mesinnya bisa melontarkan tenaga 11,1 kW pada 8.500 RPM dan torsi 13,1 Nm pada 7.500 RPM.
Pilihan warna ada 4 untuk New Vixion yaitu :
1. Misterius Solid Dark (Hitam).
2. White Reddish Lightnin (merah-putih)
3. Ultra Brave Spirit (Merah)
4. Radiance Titanium Gold (Titan gold)
Spesifikasi New Vixion
Tipe Mesin : 4 Langkah, 4 Valve SOHC - Fuel Injection, Berpendingin Cairan
Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder : 149,8 cc
P x L x T : 2.000 m x 705 mm x 1.035 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.282 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 167 mm
Tinggi Tempat Duduk : 790 mm
Berat Isi : 125 kg
Kapasitas Tangki Bensin : 12 Liter
Tipe Rangka : Pressed Backbone (Deltabox)
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Link Suspensi Monocross
Ban Depan : 90/80-17
Ban Belakang : 120/80-17
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Cakram
Diameter x Langkah : -
Perbandingan Kompresi : -
Daya Maksimum : 16,59 PS /8.500 rpm.
Torsi Maksimum : 13,1 Nm / 7.500 rpm
Sistem Starter : Electric Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,95 Liter
Sistim Bahan Bakar : Throtlle body AC 28 -1
Tipe Kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi : 1 - N - 2 - 3 - 4 - 5
Sasis dan Suspensi
Yamaha sudah mengadopsi penggunaan sasis
Deltabox atau pressed backbone sejak varian pertama V-Ixion. Gaya ini
tetap dipertahankan di New V-Ixion sebagai modal di sektor handling atau
melibas tikungan.
Urusan suspensi, New V-Ixion menggunakan model teleskopik di sektor depan. Buat bagian belakang, suspensi monoshock dengan model monocross.
Urusan suspensi, New V-Ixion menggunakan model teleskopik di sektor depan. Buat bagian belakang, suspensi monoshock dengan model monocross.
Fitur Unggulan
Fitur unggulan Yamaha New V-Ixion bisa dimulai dari bagian speedometer dimana pengendara akan disapa dengan tulisan Hi Bro saat memutar kunci kontak.
Kunci kontak sendiri terletak di bagian atas tangki, tidak lagi di bawah setang. Cukup inovatif desainnya, dan dibantu dengan model tutup tangki yang terlihat sporty. New V-Ixion hadir dengan dua model, yakni kick starter dan non kick starter.
Fitur unggulan Yamaha New V-Ixion bisa dimulai dari bagian speedometer dimana pengendara akan disapa dengan tulisan Hi Bro saat memutar kunci kontak.
Kunci kontak sendiri terletak di bagian atas tangki, tidak lagi di bawah setang. Cukup inovatif desainnya, dan dibantu dengan model tutup tangki yang terlihat sporty. New V-Ixion hadir dengan dua model, yakni kick starter dan non kick starter.
Berikut keunggulan yang bisa dirasakan untuk New Vixion Lightning :
1. Passing ability meningkat (torque terdongkrak hingga 14.1NM)
2. Handling diatas rata-rata (revisi swing arm, pelk dan ban)
3. Irit komsumsi bahan bakar (artikel menyusul)
4. Engine sudah close loop atau dibekali 02 sensor (siap menyongsong Euro3)
5. Sensor speed langsung ke engine secara digital….bukan poros roda depan
6. Dibekali passing switch untuk memudahkan shortcut lampu “Beam”
7. Ukuran pelk dan ban termasuk gambot sehingga tidak perlu memodifikasi kembali.
8. Minim vibrasi
9. Power pick up mumpuni
10. Garansi pabrikan 5 tahun untuk blok dan silinder (forged piston dan diasil silinder).
11. Untuk boncengan….tidak terjadi penurunan accelerasi ataupun handling.
Harga New Vixion Lightning OTR di Jembrana kisaran harga 22,9jt (yang tanpa kick starter)
Harga New Vixion Lightning OTR di Jembrana kisaran harga 22,9jt (yang tanpa kick starter)
Keren sob motornya,,
BalasHapusIya Gan, NVL ini memang lebih keren dari vixion sebelumnya...
Hapusjadi pengen beli gan ..tapi dana belum cukup ,jangan lupa mampir ya gan !
BalasHapusNabung dulu gan, siap ke KTP gan...
Hapussukses kang
BalasHapusTerima kasih Kang...
Hapus.: keren abiz...^_^
BalasHapusAyo buruan beli Gan, hehe
Hapuswahh ini motor andalan. kira2 kapan bisa kebeli. thanks banger gan reviewnya keren
BalasHapusAyo Gan, Nabung dulu biar bisa kebeli...
Hapuswah jadi pengen, tapi lagi 'pailan' :D.
BalasHapuskeren kang infonya. mkasih yak :)
makasih juga udah mampir kang...
HapusHarganya berapa sob?
BalasHapusKeren banget, tapi seperti Byson :D
Siapkan budget 22-23 jt aja Om... hehe
Hapuswah,, mantap banget nihh :3
BalasHapusIya Gan, memang banyak pengembangan dari varian sebelumnya...
Hapuskalo bodynya oke banget, tapi kalo kepalanya lebih bagus vixion yang lama
BalasHapuskomentar balik ya http://madereastu.blogspot.com/
Iya Gan, saya juga kurang suka dengan bentuk headlamp yang sekarang..
HapusSegera ke TKP gan
wahhh...kapan ane bisa beli yang gnian...hehe motor ane jadul ...xixixi...sippp bang
BalasHapusHemat pangkal kaya, nabung dulu Kang biar bisa beli, hehe
Hapusitu yang baru mirip megapro ya :D .. .
BalasHapusdari model tanki, tutup radiator dan headlamp memang hampir mirip dengan megapro sist...
HapusParah ni YAMAHA,
BalasHapusane blum beli versi sebelumnya malah udah keluar versi baru lagi
huuuuuuuuuuuu
ngiler deh
Ayo gan, nabung supaya bisa beli yang baru ini...
Hapuswah, vixion memang bagus sob apalagi yang baru ini lebih gagah.. saingannya cb150 r..
BalasHapusIya Om, 2 Varian ini memang sedang bersaing... thanks kunjungannya...
Hapusduh jadi kepengen beli, keren banget dah.
BalasHapustapi apa daya seorang mahasiswa?
cuman ngiler doang sob mau minta ortu malu
Serius Kuliah, lalu lulus dan kerja... pasti bisa beli New Vixion Gan, hehe
Hapussaya sudah punya yang nomor 4 bang... walaupun masih kreditan sih...hehe..
BalasHapusWah mantap tuh Gan, saya masih memakai Vixion yg lama yg headlampnya masih bulat, tapi selalu setia menemani, hehe
HapusBelum ada sim hehe
BalasHapusTunggu sampai cukup umur dan punya SIM Gan, hehe
HapusYang nomor 1 keren :D
BalasHapusIya Sis, saya juga suka gambar yg pertama :)
Hapusnice post sobat
BalasHapusterima kasih Kang
Hapuswah makin gagah saja ea sob tampilannya makin macho! thank's 4share
BalasHapusIya Kang, NEw Vixion memang lebih keren,,, hehe
HapusJeleknya satu, kenapa masih SOHC kalah ama satria fu ? :o
BalasHapusIya Kang, saya juga sedikit kecewa karena mesinnya masih SOHC, tidak seperti rivalnya CB150R yg sudah DOCH...
HapusWah tambak sport tampilannya,,,
BalasHapussayang belum ada rejeki sehingga belum bisa memiliki
Ayo Kang , nabung dulu, hehe
Hapuswah kapan ya bisa punya...hehe
BalasHapusNabung dulu om, biar bisa belinya... hehe
HapusTampilan keseluruhannya keren banget!
BalasHapusMantap...jadi pengen nengkreng di atasnya.
Ayo Gan dibeli, tapi harus Indent dulu kayaknya, hehe
HapusTabunganku masih kurang 20 jt-an untuk membeli motor New Vixion Lightning. Untuk DPnya cukup gak ya?!
BalasHapusLumayan bisa untuk DP dulu Gan, hehe
HapusYamaha emang selalu didepan sob gak ada deh yang lain bisa nandingi pokoknya keren deh.
BalasHapusIya Gan, mudah2an bisa mmberi kontribusi yang baik untuk Indonesia....
Hapuswaah,,mwantab pokoknya,tapi blom bisa beli yang gedhe,hehee
BalasHapusAyo gsn, nabung dulu, hehehe
Hapusmantaappp nih,kapan ya bisa beli...??hehe
BalasHapusNabung dulu mas bro, hehe
Hapusbody belakang new vixion bisa di aplikasikan ke vixion lama gak gan? tq
BalasHapusSepertinya susah Om, kalo ga sama ahli dibidang body custom.. pasti rubah banyak braket supaya bisa diaplikasikan ke old vixion...
Hapus